Tutorial Assembly : Pengenalan Awal Editor Di Windows 32bit dan DosBox Untuk 64bit

Lama gak bikin artikel seputar komputer nih. Kali ini LightPumpkins akan membagikan artikel tentang assembler atau assembly. Assembly atau juga dikenal dengan sebutan bahasa rakitan ialah salah satu bahasa pemrograman tingkat rendah dalam pemrograman komputer, mikroprosesor, microcontroller, dan perangkat program lainnya.

Kelebihannya sendiri adalah ukuran filenya yang cukup kecil sehingga lebih ringan saat diproses. Dalam windows, aplikasi untuk membuat program ini adalah windows editor yang bisa dibuka dengan mengetik 'windows' + R lalu ketik "edit" tanpa tanda petik.

tekan windows+R lalu ketik edit (gambar kiri), maka akan muncul tampilan editor "jika di windows 32bit" (gambar kanan)


Atau jika komputer LPFriend`s termasuk komputer jenis 64bit juga bisa dengan memakai aplikasi bernama DosBox Bisa didownload di ling dibawah postingan ini.

Tapi jika ingin menggunakan DosBox, sebelum digunakan pastikan didalam DosBox tersebut sudah ada file edit.com jika di windows 32bit file edit tersebut ada di folder C:\Windows\System32\edit.com tapi jangan khawatir, di DosBox yang LightPumpkins upload sudah termasuk file edit.com jadi bisa langsung dipakai. Selain itu juga sudah termasuk file TASM dan TLINK, dua file tersebut harus dicopy ke folder tempat LPFriend`s akan menyimpan hasil program assembly yang sudah jadi. Disini kita akan membuat folder baru di drive C: buat folder dengan nama 'asm' (tanpa tanda petik), setelah itu paste-kan file TASM dan TLINK tadi difolder asm tadi.

Sekarang coba buka DosBoxnya. Caranya cari aplikasi DosBox di folder tempat LPFriend`s menginstal DosBox, kalau LPFriend`s mendownload langsung di postingan ini, caranya adalah extract file DOSBox.zip ke direktori D:/ lalu buka hasil extract tadi. Buka folder DOSBox-0.74 lalu buka file DOSBox.exe jika sudah maka akan muncul tampilan awal DosBox lalu ketik

mount c c::/            lalu tekan enter

c:/                          tekan enter lagi

fungsi dari perintah mount c diatas tadi adalah agar saat membuka 'editor', editor tersebut bisa menyimpan file di drive c: sekarang beri perintah mount lagi di drive d, lihat caranya dibawah

mount d d:/             lalu tekan enter, lalu ketik lagi

d:/                          lalu tekan enter setelah itu ketik

cd dosbox               tekan enter lalu ketik

cd dosbox-0.74       (sesuai dengan nama folder di dosbox)tekan enter lalu ketik

edit                         lalu tekan enter

untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah.

Jika berhasil maka akan tampil editor seperti gambar dibawah.

















Nah, seperti inilah tampilan lembar kerja saat kita akan membuat program assembly melalui DosBox. Tapi jika komputer LPFriend`s adalah komputer 32bit tapi ingin memakai DosBox juga bisa. Nah untuk berikutnya LightPumpkins akan memposting tentang membuat karakter. Ditunggu yaa.

1 comments:

  1. mantep, brmanfaat sob (y) soalny sya hobi coding jg, lbih tepatnya c++

    ReplyDelete