Ini Dia 6 Barang Teknologi Jadul Yang Paling Dirindu

Di era tahun 1980-an, teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang ini. Kebanyakan perangkat elektronik yang beredar belum secanggih sekarang.
Namun seiring perkembangan teknologi, sekarang telah banyak lahir gadget-gadget baru yang keren dengan segudang fitur inovatif. Bahkan banyak fungsi yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu perangkat. Mendengar musik, menonton video, chatting, hingga mengecek email kini bisa dilakukan lewat satu gadget, asyik bukan ?
Meski demikian, di era tahun 1980-an, ada sejumlah barang elektronik yang juga tak kalah kerennya dibanding gadget-gadget yang ada saat ini. Hitung hitung juga bisa sambil nostalgia buat yang dulunya pernah memiliki barang elektronik satu ini, istilahnya dalam memecomicindonesia.com adalah “jika kalian pernah memiliki benda ini, artinya masa kecil kalia luar biasa” hehehe bercanda kok, Mau tahu apa saja? Berikut contohnya.


1. Sony Walkman


Masih ingat dengan Walkman, alat pemutar musik dari Sony? Ya walkman adalah merek dagang Sony yang awalnya digunakan untuk pemutar kaset portabel audio, dan sekarang digunakan untuk memasarkan produk pemutar video dan audio portabel Sony.
Kehadiran Walkman menjadi terobosan bagi kebiasaan orang dalam mendengarkan musik. Dengan Walkman orang bisa 'membawa-bawa' musik yang mereka sukai kemana pun mereka pergi dan mendengarkannya melalui headphone. Walkman dulu sangat populer terutama bagi para penikmat musik. Cara kerjanya ialah ntuk bisa mendengarkan musik, kita harus memasukkan kasetnya terlebih dulu. Berbeda dengan gadget modern serupa yang tinggal download saja.


2. Nintendo NES


Pada 15 Juli 1983 Nintendo merilis konsol game Family Computer atau Famicom. Selain hadir dalam cartridge besar dengan gambar lebih berwarna, konsol game ini punya controller unik bernama D-pad, yang menyerupai tombol pada game & Watch. Konsol game Famicom dirilis bersamaan dengan video game khas nintendo saat itu seperti Donkey Kong, Donkey Jr, serta Popeye.
Dua tahun kemudian Nintendo merilis konsol ini di Amerika Serikat di ajang Consumer Electronic Show tahun 1985. Nama Famicom tak digunakan, Nintendo mengubah namanya menjadi "Nintendo Entertainment System" (NES). Keunggulan lain dari konsol ini adalah game yang dihadirkan menjadi game populer mulai dari Duck Hunt, Excitebike, Final Fantasy, Ice Climber, The Legend of Zelda, hingga Super Mario Bros. Pasti LPFriend`s yang suka ngegame sudah mengenal game-game tersebut.


3.Polaroid 660
 

 
Polaroid Autofocus 660 adalah kamera instan berbentuk persegi di jajaran seri Polaroid 600. Ini adalah kamera pertama yang menggunakan Sonar Autofocus. Jarak ke subjek dihitung dengan memancarkan sinyal sonar (ultrasonik) yang kemudian ditangkap lagi. Jaman dulu kamera ini cukup populer men  jadi legendanya para picture mania karena  banyak digunakan oleh tukang foto keliling. Coba perhatikan acara acara luar negeri, setiap menampilkan adegan dengan kamera, pasti kamera ini yang ditampilkan dan bukan kamera digital.


4.Kodak Fling



Jika dibanding dengan era tahun 1980-an, kamera masa kini jauh lebih canggih dengan format digital. Namun jangan abaikan Kodak Fling. Kamera sekali pakai (disposable camera) adalah kamera kotak sederhana yang dijual dengan rol film di dalamnya, sesuai namanya kamera ini memang dimaksudkan untuk digunakan sekali saja. Kebanyakan menggunakan lensa fixed-focus. Beberapa dilengkapi dengan lampu flash, dan bahkan ada versi tahan air untuk fotografi dibawah perairan. Secara internal, kamera tersebut menggunakan film 135 atau cartridge APS. The list price was USD $6.95. Kamera ini hanya diproduksi selama dua tahun di akhir tahun 1980-an dan didistribusikan dalam jumlah terbatas.


5. Jam Tangan Kalkulator Casio

Era jam tangan pintar memang tengah menggeliat. Sony, Samsung, Apple hingga Google masing-masing telah menyiapkan perangkat jam tangan pintar buatan mereka. Jam tangan ini tentu bukan jam tangan biasanya. Selan berfungsi untuk melihat waktu, melalui jam ini penggunanya juga mengakses beberapa fitur layaknya smartphone, seperti mengakses email hingga menjawab telepon. 

Namun dulu ada jam tangan kalkulator yang lebih sederhana, Casio C-80 Calkulator Watch. Ketika kalkulator pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun 1970-an, nama Casio populer lewat jam tangan kalkulator mereka yang terbuat dari plastik. Jam tangan kalkulator Casio terkenal karena memiliki tombol cukup besar untuk jari Anda. Jam tangan tersebut segera menjadi aksesori utama para kutu buku, dan belum ada yang mampu menandinginya saat itu.


6. Konsol Atari


Konsol buatan Atari pertama kali lahir dari sekelompok perintis insinyur bernama Cyan Engineering yang dikuasai Atari pada 1973. Mereka kemudian membuat Stella, prototipe konsol game pertama Atari. Lalu pada tahun 1977 Atari mentransformasi Stella menjadi konsol game Atari 2600. Konsol yang dijual seharga US$ 199 ini dilengkapi dua joystick dan cartridge untuk game Combat. Game-game Atari lain yang terkenal adalah Asteroids, Centipede, Breakout, PacMan, Space Invaders.