A Day Made Of Glass, Ketika Sebuah Teknologi Tampil Dalam Bentuk Virtual

video video


Masa depan. Sebuah masa dimana rata-rata aktifitas manusia pada saat itu semua sudah menggunakan cara baru. Apalagi kalau bukan teknologi. Seperti pada dua video diatas, yang mana hampir seluruh 'alat bantu' manusia saat itu menggunakan teknologi Touch Screen Glass. Mulai dari dashboard mobil, tab, handphone, management panel di lemari, meja dinding dan masih banyak lagi.

Video ini sendiri merupakan seri video yang dirilis oles Corning Inc. Sebuah perusahaan asal negeri paman sam Amerika Serikat yang memproduksi kaca, keramik serta bahan sejenisnya untuk keperluan industri dan ilmiah. (Lihat disini untuk informasi lebih lanjut) Bahkan perusahaan tersebut juga pernah membuat teknologi lapisan anti gores untuk merk handphone ternama, sebut saja Nokia Lumia, Samsung Galaxy S5, Nexus 5 dan masih banyak lagi yang menggunakan "Corning Gorilla Glass" versi 5.

Mengenal Digital Signage
Cukup 'obrolan singkat seputar corning'-nya. Dan sekarang kita lanjut ke pembahasan seputar teknologi dalam video diatas. Ya, 'GLASS, GLASS and GLASS' mungkin itu yang pertama kita pikirkan saat menyaksikan video berdurasi lima menit ini. Dan seperti film Iron Man, G.I. Joe, Tron, Terminator serta berbagai film fiksi ilmah lainnya. Video ini juga memperlihatkan berbagai macam teknologi ala masa depan. Bedanya pada video ini lebih fokus dalam pengembangannya pada teknologi yang mengedepankan konsep 'Digital Signage'. Sensasi antar muka digital yang cukup menarik perhatian ini sendiri (menurut feeling saya) merupakan media interface berupa tampilan gambar yang bisa diatur oleh suatu sistem komputer baik otomatis maupun manual. Bingung ? Coba perhatikan sebuah TV, nah, TV itu adalah "versi sederhana"nya Digital Signage. Digital Signage (wah ribet juga nyebutnya :p) sendiri juga bisa berbentuk LCD,LED,Plasma Display, bahkan yang masih jadi wacana (lagi lagi menurut feeling saya) ialah berbentuk Hologram.

Contoh Antar Mukan Digital Signage

Kelebihan Digital Signage
Ada banyak kelebihan dalam teknologi yang satu ini, selain lebih mudah dipahami karena memiliki tampilan yang serba dinamis dan informasi yang lebih simple, digital signage lebih hemat dan ramah lingkungan karena tidak seperti gambar cetak biasa seperti poster atau brosur. Digital Signage tidak memerlukan kertas dan hanya perlu sedikit ubahan melalui sistem jika ingin merubah informasi yang ingin disampaikan. Dan karena rata-rata teknologi ini sudah terkoneksi denan internet, informasi pada Digital Signage juga bisa disesuaikan dengan bahasa yang diinginkan user.

Digital Signage dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari hari, teknologi ini juga bisa diterapkan dalam bidang pendidikan yaitu sebagai sarana edukasi interaktif, selain itu dalam bidang informasi telekomunikasi dan bisnis juga bisa digunakan sebagai media penghubung atau pengiklan. Bahkan juga bisa diterapkan dalam bidang medis maupun bidang militer sebagai media antar muka kedokteran maupun penelitian.


  
Salah satu jenis Digital Signage berbentuk hologram dalam film fiksi yaitu JARVIS dalam film IronMan
Kesimpulan
Digital Signage merupakan bentuk baru dari teknologi interface dengan fitur yang semakin mempermudah kehidupan masyarakat luas. Ramah lingkungan, hemat energi serta mudah digunakan adalah hal positif yang bisa diambil dari teknologi ini.



Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Corning
http://studifuturistik2013.files.wordpress.com/2013/12/a-day-made-of-glass.pdf

0 comments:

Post a Comment