Membawa Kehidupan Sumatera Selatan Menuju "Sumsel Gemilang"


Sumatera Selatan. . .
siapa yang tidak kenal dengan provinsi yang satu ini ? mendengar namanya saja yang terlintas di benak kita pasti sungai musi yang mengalir membelah kota palembang, atau jembatan ampera lengkap dengan menara kembar yang menjadi maskot utama provinsi ini. sebagai satu dari beberapa provinsi terbesar di Indonesia, sumatera selatan terus melakukan pembenahan dan pengembangan di segala bidang demi menyetarakan provinsi ini dengan provinsi besar lainnya. diantaranya ialah pemberdayaan SDA dan SDM, pengembangan sarana dan fasilitas, serta peningkatan perekonomian di sumatera selatan, tidak heran bahwa wilayah yang dijuluki "tanah sriwijaya" ini namanya selalu disejajarkan dengan provinsi maju lainnya di Indonesia.

PROGRAM PEMERINTAHAN H ALEX NOERDIN




penyerahan penghargaan MURI (Palembang, 27 Januari 2009)
Sebagai gubernur sumatera selatan, Bapak H Alex Noerdin berperan besar dalam perkembangan kesejahteraan di sumatera selatan. terbukti dengan program pemerintahannya yang terkenal yaitu 'berobat dan sekolah gratis' telah sukses membawa sumsel menuju sumsel yang gemilang. Hal itu telah ditandai dengan dicatatnya program sekolah gratis ini dalam catatan rekor paling bergengsi Museum Rekor Indonesia (MURI). penyerahannya sendiri juga bertepatan dengan dimulainya program kedua, yaitu berobat gratis tanggal 27 Januari 2009 silam. Data menyebutkan besaran unit cost program sekolah gratis per siswa menurut APBD 2012 adalah Rp120.000,- per siswa/Tahun untuk Jenjang pendidikan SD/MI, Rp 180.000,- per siswa/Tahun untuk Jenjang pendidikan SMP/MTs, Rp 1.200.000,-  per siswa/Tahun untuk Jenjang pendidikan SMA/MA, Rp 2.400.000,-  per siswa/Tahun untuk Jenjang pendidikan SMK Teknik, dan Rp, 1.836.000,-  per siswa/Tahun untuk Jenjang pendidikan SMK Non Teknik. ( sumber alexnoerdin.co ).

KM PUTRI KEMBANG DADAR dan TRANSMUSI SUMSEL
Tidak hanya sebatas kesejahteraan rakyat saja yang diperhatikan disini. Dalam hal fasilitas pelayanan publik khususnya transportasi, sumsel tidak main main. Setelah sukses dengan kapal pesiar wisata 'KM PURTI KEMBANG DADAR' kini Sumsel kembali meluncurkan sarana transportasi baru yaitu TRANSMUSI. Di Palembang sendiri kendaraan jenis ini mendapat antusias positif, karena selain murah, transmusi dianggap lebih nyaman dan aman. Tidak heran Transmusi banyak dipilih sebagai kendaraan umum favorit.

Bpk H. Alex Noerdin dalam acara Launching free Sumsel WiFi area
Selain dalam hal transportasi, pelayanan publik dalam hal informasi (dalam hal ini, akses internet), lagi lagi Sumsel terbilang cukup unggul. Belum lama ini tepatnya pertengahan 2012, Sumsel telah me-launching "Sumsel FREE WiFi Area". Ya, fasilitas ini merupakan sarana penting bagi mereka yang ahus akan informasi khususnya informasi dari internet. Ada 15 area WiFi gratis yang bisa dinikmati langsung diantaranya


15 Area WiFi Sumsel
Kambang Iwak  Griya Agung Palembang
JSC  Palembang Square
Taman flyover Simpang Polda  Palembang Trade Center
Universitas Binadarma  Stasiun KA Kertapati
Palembang Indah Mall  Bandara SMB II
Halaman Kantor Gubenur   Kampus IAIN
Halaman Kantor Dishukominfo Sumsel  Kampus Unsri Bukit Besar
DPRD Sumsel dan PSCC

Untuk urusan prestasi membanggakan, sekali lagi jangan pernah ragukan Sumsel. Dalam kompetisi sepakbola indonesia ISL, Sumatera selatan alias Sriwijaya FC pernah mengukir prestasi yang cukup menggembirakan, diantaranya :

Liga Indonesia                                                                   liga Super Indonesia
2005: Peringkat ke-9, Wilayah Barat                                     2008/09: Peringkat ke-5
2006: Peringkat ke-6, Wilayah Barat                                     2009/10: Peringkat ke-8
2007: Juara                                                                           2010/11: Peringkat ke-5
                                                                                              2011/12: Juara

Piala Indonesia                                                                   Liga Champions AFC
2005: Putaran 2                                                                     2009: Babak Grup
2006: Putaran 1                                                                     2010: Babak Play-Off
2007: Juara
2008/09: Juara
2009/10: Juara

Piala AFC                                                                             Community Shield Indonesia
2010: 16 Besar                                                                     2010: Juara

Inter Island Cup2010: Juara

Tentunya ini merupakan kebanggaan besar bagi kita yang merupakan pecinta sepakbola tanah air. Tidak cukup sampai disitu, Sumsel juga pernah menjadi saksi kemenangan Indonesia dalam olimpiade olahraga paling tersohor di Asia Tenggara, apalagi kalau bukan SEA GAMES XXVI yang diadakan di Jakabaring Sport City Palembang.

Otomatis Pemerintah Sumsel dapat 'mencuri' kesempatan dalam  momen perhelatan akbar paling bergengsi tersebut untuk memperkenalkan pada Asia tenggara kebudayaan dan pariwisata di sumsel. Wow...ada banyak sekali hal-hal membanggakan di provinsi tercinta ini. Tentunya kita semua berharap Sumatera Selatan dapat terus menjadi provinsi yang luar biasa. Tidak hanya bagus dari segi tata lingkungannya saja tapi juga dari segi kenyamanan dan kesejahteraan warganya. Doa kita semua adalah semoga "Sumsel Gemilang" dapat terus bertahan selamanya.

0 comments:

Post a Comment