Cara Membuat Laman Berisi Klasemen Pertandingan Sepakbola Otomatis

Buat para bloggermania yang juga merupakan penggila sepakbola biasanya mereka akan memasang laman khusus berisi klasemen pertandingan sepakbola, entah itu barclays premier league, la liga, bla bla bla... tapi yang akan dibahas kali ini adalah liga indonesia ISL (untuk yang liga lain, mungkin akan saya posting lain waktu). 

Kembali ke masalah widget klasemen, bagi sebagian bloggermania mungkin mereka lebih suka memasang sendiri widget tersebut secara manual. Sebut saja memasang tabel, menulis daftar tim, jumlah menang, kalah, dan seterusnya. Tapi jika caranya seperti ini jelas akan merepotkan. Selain klasemen tersebut  harus di-update manual setiap hari, juga butuh waktu lama untuk mengedit tampilan karena banyaknya script yang harus diuba-ubah. Eittsss.....tenang, ada cara yang lebih mudah kog untuk memasukan widget klasemen tersebut, dan yang lebih asik lagi catatan klasemen-nya bisa berubah ubah alias update secara otomatis, mau coba ? ini tipsnya

Pertama coba klik http://widgets.soccerway.com/home kemudian klik "start", disini ada dua tombol start yaitu atas dan bawah, klik tombol start yang di atas.


pada Step 1 ada pilihan yang bisa LPFriend`s pilih sendiri sesuai selera. Tapi untuk penjelasan kali ini pilih "Competition widget". Ini penjelasannya :

Competition Widget : Widget ini berisi Daftar Klasemen kompetisi
News Widget          : Widget ini berisi berita seputar sepakbola, pemainnya, bursa transfer, bla bla bla...
Team Widget           : Widget ini berisi jadwal pertandingan dan skor akhir

pada Step 2 di kolom Configure Widget, kawan bisa memilih liga apa yang di inginkan di menu competition, dan team to highlight untuk memilih tim mana yang ingin dijadikan highlight. Sementara untuk featured, terserah mau berapa fitur yang ingin dicentang ( di pasang maksudnya ). untuk mengatur Width dan height ada dibawah kolom features, jika sudah klik "next step"



pada step 3 adalah pengaturan tampilan, silahkan edit sendiri.



dan terakhir copy script pada text area yang ditampilkan seperti pada gambar diatas. trus paste di HTML mode. Sebagai tambahan, script tadi bisa dipasang juga pada elemen laman >> HTML/JavaScript. Pokoknya silahkan edit dan pasang sesuai selera.